Dikalahkan Newcastle United, Harry Kane Angkat Suara Soal VAR

BOLATODAY.NET – Penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane merasa bingung dengan keputusan wasit yang tidak memberinya hadiah penalti saat dijatuhkan di area terlarang oleh bek Newcastle United, Jamal Lascelles.

Wasit Mike Dean hanya melambaikan tangan sebagai tanda tidak ada pelanggaran.

Tottenham Hotspur harus tertunduk malu kala menjamu skuat asuhan Steve Bruce pada lanjutan Liga Premier 2019/20 di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu 25 Agustus 2019. Spurs kalah tipis dengan skor 0-1. Gol tunggal pada laga tersebut diciptakan oleh penyerang anyar The Magpies, Joelinton.

Kecewa dengan hasil tersebut, kapten Spurs buka suara. Dia menilai seharusnya sang pemimpin lapangan bisa memberinya dua hadiah penalti kepada tim tuan rumah karena bek Newcastle United melakukan pelanggaran di kotak penalti. Namun karena VAR, kans untuk mengemas tiga poin sempurna gagal diraih.

“Saya tersandung lengan dan badannya (ditarik Lascelles hingga terjatuh). Saya tidak tahu apakah dilakukan sengaja atau tidak, dari sudut pandang saya itu memang sulit diambil, sehingga itu (VAR) dapat membantu wasit di lapangan. Dia mengatakan bahwa dia tidak melihatnya,” ungkap pemain Timnas Inggris itu seperti dikutip Skysports, Selasa 27 Agustus 2019.

“VAR memang membantu dia (wasit) di pertandingan. Jika dia mengatakan ‘bukan penalti’, VAR akan memberikan opsi 50-50, sehingga kamu bisa menunggu. Saya tidak mengerti perbincangan yang telah mereka lakukan. Meskipun dia mengatakan dia tidak melihat itu (pelanggaran) atau tidak,” tegasnya.

“Terkadang kamu akan dibantu VAR, terkadang tidak. Seperti kami menghadapi Newcastle,” katanya.

Jamak diketahui, Spurs telah ‘diselamatkan’ VAR saat bertandang ke markas Manchester City. Gol Gabriel Jesus di akhir babak kedua dianulir wasit. Sebab bola lebih dulu mengenai Aymeric Laporte, sehingga kedudukan imbang 2-2 hingga berakhirnya pertandingan.

Harry termasuk salah seorang pemain yang diuntungkan oleh teknologi baru dalam pesepak bolaan dunia tersebut. Namun begitu dirinya tidak menampik jika VAR masih banyak pengembangan karena baru digunakan di kompetisi sepak bola Inggris kasta tertinggi itu.

“Itu membantu wasit, namun kita harus beradaptasi terhadap VAR. Ini baru awal musim Liga Premier Inggris, masih ada laga selanjutnya dan kita harus menerima itu,” pungkasnya.

Atas kekalahan tersebut, Tottenham Hotspur menduduki peringkat ketujuh di klasemen sementara Liga Premier Inggris 2019/20. Spurs mengoleksi empat poin.

Laga selanjutnya, Mauricio Pochettino dan kolega akan bertandang ke Emirates Stadium menghadapi runner up Liga Eropa 2018/19, Arsenal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *