La Liga Spanyol Kuasai Ballon d’Or Selama 11 Tahun Beruntun

Info Bola Akurat – Megabintang LaLiga Spanyol dari Barcelona, Lionel Messi berhasil meraih Ballon d’Or keenammnya pada penyerahan gelar pemain terbaik di dunia yang diadakan beberapa hari yang lalu.

Raihan Messi ini membuat LaLiga Spanyol berhasil mempertahankan gelar Ballon d’Or yang selalu menjadi milik pemain yang berlaga di liga tersebut sejak tahun 2009 sampai sekarang.

Dilansir dari rilisan resmi yang diterima oleh INDOSPORT, Messi pertama kali memenangkan gelar tersebut pada tahun 2009, kemudian disusul tahun 2010, 2011, 2012, 2015, dan 2019.

Sementara, Ballon d’Or 2013, 2014, 2016, dan 2017 jatuh ke tangan Cristiano Ronaldo saat megabintang asal Portugal tersebut masih berseragam Real Madrid. Sedangkan penghargaan tahun lalu menjadi milik Luka Modric yang masih bermain di Madrid.

Dominasi LaLiga Spanyol selama 11 tahun ini membuat LaLiga Spanyol menjadi satu-satunya liga top Eropa yang mampu mencatatkan 11 kali gelar Ballon d’Or beruntun yang jatuh pada pemain yang berlaga di sana. Dan boleh dikata jika LaLiga Spanyol adalah kompetisi terbaik di Eropa, bahkan di dunia untuk saat ini.

Hanya Bundesliga Jerman yang hampir medekati rekor milik LaLiga Spanyol, walau raihan mereka dari tahun 1976-1981 masih lebih kecil dari raihan milik LaLiga Spanyol.

Kemenangan Messi juga membuat torehan Ballon d’Or oleh pemain LaLiga Spanyol total menjadi 23 buah. Unggul dari Serie A Liga Italia yang mencatakan 18 gelar, Bundesliga Jerman yang mencatatkan 9 buah dan Liga Inggris yang hanya tercatat mempu mengkoleksi 6 buah gelar Ballon d’Or.

Gelar ini mampu Messi raih setelah dirinya berhasil membukukan 46 gol dan 17 umpan dalam semua pertandingan yang dia mainkan bersama Barcelona musim lalu. Walaupun dia hanya berhasil mengantarkan trofi LaLiga Spanyol ke Camp Nou dan gagal mempersembahkan trofi lain untuk Barcelona dan Timnas Argentina.

Walaupun legenda Argentina tersebut menyatakan akan mulai berpikir untuk pensiun, namun bisa dipastikan kejayaannya tidak akan lekas pudar.

Bisa saja Messi akan kembali meraih Ballon d’Or tahun 2020 mendatang. Atau dengan kualitas pemain LaLiga Spanyol saat ini, mungkin akan muncul kejutan baru dari pemain selain Messi.

Sumber: Indosport

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *